WHO Belum Tentukan Wabah Virus Wuhan Genting Kesehatan
Berita

WHO Belum Tentukan Wabah Virus Wuhan Genting Kesehatan

Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, mengatakan begitu awal untuk memutuskan wabah virus novel corona jadi genting kesehatan internasional. Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus menjelaskan epidemi virus novel corona adalah kritis di China serta belum jadi genting kesehatan global.

“Ketetapan tidak untuk mengumumkan kondisi genting global tidak bisa diambil jadi sinyal jika WHO tidak memandang kondisinya serius atau jika kami tidak menanggapinya dengan serius. Tidak ada yang lebih jauh dari kebenaran,” kata Tedros.

“WHO ikuti wabah ini tiap menit tiap hari,” paparnya seperti diambil dari AP, Jumat (24/1/2020). Pengakuan ini dikeluarkan WHO sesudah China mengisoloasi tiga kota di Propinsi Hubei untuk menahan penebaran virus corona baru yang mematikan.

Menyikapi hal itu, Tedros menjelaskan peranan WHO untuk memberi referensi berbasiskan ilmu dan pengetahuan. “Selanjutnya, negara berdaulat mempunyai otonomi untuk lakukan apa yang dia anggap benar,” tutur Tedros.

Tetapi, dia memberikan tambahan jika WHO mengharap aksi yang diambil oleh China durasinya akan singkat. Sesaat lapangan terbang di banyak kota besar di penjuru dunia sudah lakukan kontrol kesehatan untuk kehadiran penumpang dari China, Tedros menjelaskan jika untuk sekarang, WHO tidak mereferensikan penetapan yang lebih luas pada perjalanan atau perdagangan.

Baca juga : Jurnalis Glenn Greenwald Didakwa Lakukan Peretasan Oleh Jaksa Brasil

WHO memutuskan itu sesudah beberapa pakar berdiri sendiri habiskan waktu dua hari memandang info mengenai penebaran virus corona yang baru diidentifikasi. “Masih begitu awal untuk memandang ini jadi genting kesehatan warga sebagai perhatian internasional,” tutur ketua komite penasihat genting WHO, Didier Houssin, mencatat jika team panel terpecah hampir 50-50.

WHO mendeskripsikan kondisi genting kesehatan global jadi momen mengagumkan jika penyakit itu beresiko buat negara lain serta memerlukan tanggapan internasional yang terkoordinasi. Kondisi genting global awalnya sudah dikatakan untuk kritis terhitung munculnya virus Zika di Amerika, pandemi flu babi, serta polio.

Deklarasi darurta global umumnya memerlukan dana serta sumber daya yang besar, tapi dapat menggerakkan beberapa negara untuk batasi perjalanan serta perdagangan ke negara yang terserang efek. Oleh karenanya, putuskan apa satu wabah adalah kritis internasional dapat dipenuhi dengan politis.

Sepanjang pertemuan wartawan di Jenews, Houssin menyebutkan pandangan China berkaitan wabah virus Wuhan ialah unsur dalam ketetapan yang diambil. “Pemahaman deklarasi ini oleh komune internasional, di negara yang paling terserang efek, oleh beberapa orang yang berusaha dengan virus, pasti harus diperhitungkan,” katanya.

Beberapa ratus orang yang terinfeksi virus baru itu di China, serta 17 yang lain wafat. Masalah pertama dari penyakit ini ada bulan lantas di Wuhan, satu pusat industri serta transportasi di China tengah. Beberapa kasus lain sudah disampaikan di Amerika Serikat (AS), Jepang, Korea Selatan (Korsel) serta Thailand. Singapura, Vietnam serta Hong Kong memberikan laporan masalah pertama mereka di hari Kamis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *