Penarikan RUU Extradisi Oleh Pimpinan Hongkong
Berita

Penarikan RUU Extradisi Oleh Pimpinan Hongkong

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab menyongsong baik pencabutan perancangan undang-undang (RUU) ekstradisi oleh pimpinan Hong Kong Carrie Lam. RUU itu sudah menyebabkan demonstrasi beberapa bulan di daerah sisa jajahan Inggris itu.

“Ini ialah langkah membuat keyakinan datasgp yang diterima baik,” kata Raab dalam satu pengakuan, yang dikutip Reuters, Kamis (5/9/2019). “Saya berharap itu ke arah pada dialog yang berarti di antara pemerintah Hong Kong serta beberapa orang yang dilayaninya,” katanya.

Hong Kong diberikan Inggris pada China pada tahun 1997. Daerah yang menjadi pusat keuangan Asia itu jadi sisi dari China dengan status otonomi spesial.

Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam awalnya diadukan akan menginformasikan dengan sah pencabutan RUU ekstradisi serta buka dialog dengan pengunjuk rasa pro-demokrasi.

Seseorang sumber pemerintah menjelaskan Lam akan mengutamakan jika penghilangan RUU itu akan merampingkan jadwal legislatif, dimana Dewan Legislatif akan kembali bersidang pada Oktober akan datang sesudah berlibur musim panas.

Baca juga : Rekor Suhu Panas Tertinggi Di Spanyol

“Pergerakan untuk menarik dengan sah RUU ini ialah usaha untuk mendinginkan atmosfer,” kata seseorang sumber pemerintah seperti diambil South China Morning Post.

Sumber lain menjelaskan penarikan penuh RUU itu ialah langkah paling mudah untuk menurunkan kemelut yang sedang berjalan di kota itu.

Awalnya pada 24 Agustus lalu, seputar 19 pemimpin senior serta politikus Hong Kong bergabung di tempat tinggal Lam untuk bertukar pemikiran mengenai langkah merajut dialog dengan mereka yang ada di belakang kritis protes anti-pemerintah.

“Kepala eksekutif mulai beralih pemikiran sesudah berjumpa dengan 19 pemimpin kota dua minggu kemarin. Dia memerhatikan pandangan mereka mengenai bagaimana kurangi kemelut,” tutur sumber itu.

Semua anggota parlemen Hong Kong yang sejumlah 43 orang adalah beberapa politikus pro RUU ekstradisi. Mereka diadukan diundang untuk berjumpa Carrie Lam jam 16.00 sore waktu ditempat hari Rabu tempo hari.

RUU ekstradisi, kalau disahkan jadi undang-undang, akan sangat mungkin terduga kriminil yang dicari Beijing diekstradisi ke China untuk diadili serta diberi hukuman disana.

One Reply to “Penarikan RUU Extradisi Oleh Pimpinan Hongkong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *