China Membuka Penyelidikan Selesai Dokter Pembocor Corona Wafat
Berita

China Membuka Penyelidikan Selesai Dokter Pembocor Corona Wafat

China menginformasikan akan lakukan penyidikan sesudah kematian Li Wenliang, dokter yang ungkap virus corona. Li Wenliang adalah whistleblower yang mengingatkan publik pada kekuatan merebaknya virus mematikan itu pada Desember 2019.

Pengawas anti-korupsi China menjelaskan kematian Li sudah menyebabkan kemarahan publik berkaitan perlakuan pemerintah dalam hadapi genting virus corona. Komisi peninjauan disiplin menjelaskan team penyelidikan akan selekasnya pergi ke Wuhan, kota sumber penebaran virus corona serta tempat Li mengembuskan nafas paling akhir.

“Lakukan penyidikan mendalam pada permasalahan yang menyertakan Li Wenliang yang disampaikan oleh massa,” kata komisi itu seperti diambil dari AFP, Jumat (7/2). Li, 34, wafat di Rumah Sakit Pusat Wuhan Jumat pagi waktu ditempat. Li mendapatkan perawatan di rumah sakit pada 12 Januari sesudah tertular virus dari pasiennya. Ia positif terinfeksi virus corona pada 1 Februari.

Baca juga : Lantaran Virus Corona, ZTE serta LG Gagal Datang di MWC 2020 Bulan ini

Li adalah satu dari delapan dokter yang diberi hukuman oleh polisi Wuhan sebab mengungkapkan info virus corona ‘serupa SARS’ di sosial media. Mahkamah Agung China pada Januari mengomentari polisi Wuhan atas aksi pada Li serta tujuh dokter yang lain.

“Wabah itu kemungkinan tidak jadi demikian serius bila warga yakin ‘rumor’ ini saat itu.” Sampai Jumat pagi, korban wafat karena terinfeksi virus corona di Propinsi Hubei, China, makin bertambah jadi 618 orang. Keseluruhan kematian karena virus ini di penjuru dunia sampai 636 orang.

Komisi Kesehatan China mencatat masalah infeksi virus corona sekarang bertambah jadi 22.112 di Propinsi Hubei atau makin bertambah 3.143 masalah baru. Seputar 15.804 orang dengan 841 salah satunya dalam keadaan gawat dalam perawatan intens di rumah sakit. Keseluruhan masalah infeksi virus corona di China selama ini sampai 31.161. Lebih dari 4.800 pasien sekarang dalam keadaan perlu perawatan serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *